3 Ucapan Berbahaya Untuk Anak
Posted by Lestari on 21st December 2017
| 112 views

AktualPress.com – Orang tua mana yang tidak ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik dan bisa menjadi kebanggaan keluarga serta nusa bangsa kelak ketika dewasa. Semua orang tua pasti berharap demikian, namun seringkali harapan tersebut tidak dibarengi dengan aplikasi cara mendidik yang baik, sehingga dampak yang dihasilkan dari cara mendidik tersebut pun tidak sesuai harapan.

Cara mendidik yang kurang tepat akan berdampak pada anak, karena pada masa kecil anak, otak mereka sangat aktif menyerap segala hal yang ada di sekitarnya. Tiga ucapan negatif yang cukup berbahaya jika diutarakan di depan anak adalah sebagai berikut:

“Kamu anak nakal”

Ucapan “kamu anak nakal” sering diucapkan orang tua secara spontan ketika melihat perilaku anak bandel dan salah. Karena terlalu emosi melihat tingkah sang anak, kita pun langsung berucap kalimat tersebut di depan mereka. Kalimat ini akan langsung terekam di dalam otak mereka, sehingga justru akan mempengaruhi perilaku anak setelahnya.

Ucapan tersebut cukup berbahaya karena akan terekam dalam diri anak bahwa ia adalah anak nakal. Resiko yang ditimbulkan dari ucapan tersebut adalah justru anak akan tumbuh dengan stigma negatif yang ada pada dirinya, sehingga ketika dewasa ia justru cenderung depresi dan nakal.

Untuk merespon tindakan bandel anak, daripada mengucapkan kalimat tersebut, lebih baik mengatakan bahwa tindakan yang ia lakukan bisa membawa kerugian tertentu dan jelaskan pula apa yang sebaiknya ia lakukan.

“…. Kalau tidak, …”

Ucapan di atas adalah bentuk ucapan ancaman yang sangat berbahaya untuk anak, karena anak akan merasa terus diancam oleh orang tuanya sendiri, sehingga ia tidak memperoleh kenyamanan dan ketenangan. Ucapan tersebut akan menghilangkan daya kritis anak ketika dewasa nanti karena yang ada dalam otaknya adalah ancaman yang diutarakan orang tuanya tanpa alasan yang logis dan jelas. Lebih baik, jelaskan sebab akibat dari tindakan-tindakan yang dilakukan anak sehingga ia akan justru berpikir logis.

“Kok kamu tidak bisa seperti kakakmu ya?”

Ucapan di atas adalah ucapan perbandingan yang berbahaya jika diucapkan kepada anak karena akan menurunkan secara drastis kepercayaan diri anak, sehingga ia tumbuh menjadi pribadi yang selalu merasa rendah diri dan selalu ingin bersaing. Lebih baik tidak perlu membandingkan anak satu dengan anak lainnya, tetapi didiklah anak-anak dengan nilai kerjasama agar terjalin hubungan persaudaraan yang erat antara mereka. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: