Jokowi Angkat Bicara Soal Kebijakan Susi Tenggelamkan Kapal Ilegal
Posted by redaksi2 on 11th January 2018
| 178 views
Sumber: merdeka.com

AktualPress.com˗˗  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, kebijakan Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk menenggelamkan kapal-kapal ilegal merupakan bentuk penegakan hukum (law enforcement). Hal itu dilakukan agar memberikan efek jera bagi kapal pencuri ikan.

“Jadi penenggelaman ini bentuk law enforcement yang kita tunjukan bahwa kita tidak main-main terhadap illegal fishing, terhadap pencurian ikan, tidak main-main. Oleh sebab itu yang paling serem ya ditenggelamkan. Untuk efek jera,” kata Jokowi, di Jakarta, Rabu (10/1).

Akan tetapi, saat ini, dia meminta agar menteri Susi fokus untuk mendorong ekspor di sektor perikanan karena selama ini ekspor di sektor perikanan mengalami penurunan.

“Tapi saya sampaikan ke Bu Susi, dalam rapat. Bu sekarang konsentrasinya agar ke industri pengolahan ikan terutama yang mendorong untuk ekspor ikan, karena ekspornya kita turun. Sudah itu saja,” tuturnya.

Sebenarnya, ada negara-negara lain yang juga memiliki kebijakan penenggelaman kapal-kapal ilegal, seperti Australia.  Akan tetapi, ada sejumlah perbedaan mengapa Australia menerapkan kebijakan tersebut.

Menurut pengamat maritime Siswanto, di Australia ada suatu badan peradilan khusus yang menangani sengketa yang melibatkan laut. Banyak kasus di kawasan kelautan yang sebenarnya masuk ke kasus perdata. Jadi, dalam beberapa kasus kapal ilegal tidak ditenggelamkan, namun dibawa ke pengadilan.

Dia menilai, kapal-kapal ilegal tersebut dapat dimanfaatkan oleh para nelayan di Indonesia. Akan tetapi, berdasarkan The International Convention on Arrest of Ships 1999 (Konvensi Internasional tentang Penahanan Kapal 1999) kapal-kapal tersebut tidak bisa tidak bisa dilelang melainkan didenda. (Sihab/liputan6.com/detik.com)

 

 

 

 

 

SHARE THIS: