Trump Ingin Buat Amerika Putih Lagi, Tanpa Imigran Asing: Analis
Posted by Lestari on 11th January 2018
| 102 views

AktualPress.com – Langkah anti imigrasi AS dari Presiden Donald Trump ditujukan untuk membuat Amerika menjadi putih lagi, kata seorang analis di California, mengacu pada slogan kampanye presiden yang terkenal: “Making America Great Again.”

Seorang profesor emeritus ilmu politik, Beau Grosscup, mengatakan kepada media Press TV pada Hari Rabu (10/1) bahwa presiden Partai Republik tersebut tidak tahu apa yang dia lakukan dengan bersikeras untuk menghentikan program Tindakan Penangguhan untuk Kedatangan Anak (DACA) untuk anak-anak imigran.

Analis tersebut mencatat bahwa Trump tidak berada di balik keputusan tersebut di Gedung Putih.

“Orang-orang bertanya apakah Presiden Trump telah membuat keputusan ini, dan saya akan berpendapat bahwa dia tidak mengetahui keputusan ini,” debat Grosscup. “Dia pada dasarnya telah memberi hadiah kepada Departemen Keamanan Dalam Negerinya dan juga [Sekretaris Keamanan Dalam Negeri] John Kelly,” ungkapnya.

“Mereka sangat takut pada orang asing. Mereka pada dasarnya ingin membuat Amerika menjadi putih lagi,” ucapnya.

Ucapan tersebut muncul setelah seorang hakim federal AS di California memblokir sementara administrasi Trump untuk mengakhiri program DACA yang melindungi para imigran muda dari deportasi.

Hakim William Alsup mengatakan pada Hari Selasa (9/1) bahwa kebijakan imigran yang ditetapkan oleh administrasi mantan Presiden Barack Obama harus tetap berlaku sementara proses pengadilan atas keputusan Trump untuk mengakhiri program tersebut dijalankan.

Akibatnya, penerima DACA yang gagal memperbarui status mereka pada tenggat waktu tahun lalu akan memiliki kesempatan untuk mengirimkan aplikasi perpanjangan.

Administrasi Trump mengumumkan pada bulan September bahwa mereka akan mengakhiri program yang telah memberikan perlindungan dari deportasi dan hak untuk bekerja secara legal kepada hampir 800.000 anak muda karena telah disahkan oleh Obama pada tahun 2012.

Berita tersebut muncul di tengah negosiasi yang intens di dalam Kongres antara Demokrat dan Republik tentang paket imigrasi yang mungkin mencakup pemberian status hukum kepada sekitar 800.000 anak imigran yang mendapat perlindungan sementara dari deportasi di bawah program DACA.

Trump telah memperjelas bahwa paket imigrasi yang menyangkut penerima DACA juga harus memasukkan dana untuk rencana penerima DACA dan dana untuk rencana kontroversialnya demi membangun tembok di perbatasan dengan Meksiko. (AL/Press TV)

SHARE THIS: