Lereng Bawah Permukaan Air Es Di Seluruh Planet Mars Dapat Menopang Hidup Manusia
Posted by Lestari on 13th January 2018
| 194 views

AktualPress.com – Lereng air es di bawah permukaan yang luas di tengah lautan telah terdeteksi di garis lintang Mars. Ini adalah sumber daya alam yang bisa dijadikan sebagai bahan kehidupan manusia di Planet Merah tersebut.

Sekelompok ilmuwan, yang menggunakan gambar yang dipancarkan kembali dari Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik NASA selama 11 tahun terakhir, berhasil mendeteksi delapan lokasi dimana endapan es kolosal di dekat permukaan Mars terpapar di lereng curam setinggi 100 meter, terletak di belahan bumi bagian selatan.

Penemuan ini tidak hanya dapat membantu para ahli geologi planet untuk belajar, namun juga dapat meningkatkan kemungkinan berlangsungnya misi berawak masa depan ke planet ini, karena es yang diekstraksi dapat diubah menjadi air minum atau dikombinasikan dengan karbon dioksida – komponen utama atmosfer Mars – untuk menghasilkan oksigen untuk bernafas, dan metana, propelan roket.

“Ada lapisan tanah yang dangkal di bawah sekitar sepertiga permukaan Mars, yang mencatat sejarah Mars baru-baru ini,” ucap Colin Dundas, ahli survei Geologi AS.

Para ilmuwan telah lama berspekulasi bahwa cadangan air es yang besar terjebak di bawah tanah di Planet Mars. Kembali pada tahun 2002, misi Odyssey NASA telah melakukan pemindaian orbital permukaan Mars dan melihat tanda-tanda es tanah dangkal di garis lintang tinggi.

Pada tahun 2008, misi NASA Phoenix telah mengekstraksi air es dari tempat pendaratannya di dekat kutub utara Mars. Dan pada bulan November 2016, ahli geologi planet, menggunakan MRO telah menemukan lapisan es yang terkubur di garis lintang Mars yang memiliki banyak air di Danau Superior. Penemuan baru-baru ini bagaimanapun juga memberi para ilmuan gambaran yang jauh lebih jelas tentang tingkat dan aksesibilitas lapisan es bawah permukaan Mars.

Menurut Dundas, situs es yang baru ditemukan mendukung anggapan bahwa garis lintang planet secara berkala melihat salju besar jutaan tahun yang lalu, ketika Mars dimiringkan pada porosnya dengan sudut yang lebih curam daripada sekarang. Astronot sebenarnya bisa pergi ke sana dengan ember dan sekop untuk mengambil semua air yang mereka butuhkan. (AL/Press TV)

 

SHARE THIS: