Ketuhanan Di Era Indonesia Kini
Posted by Lestari on 15th January 2018
| 206 views

AktualPress.com – Kuatnya jiwa ketuhanan yang tertanam di dalam sanubari rakyat Indonesia menyebabkan mereka begitu suka dengan segala perbincangan seputar Tuhan. Bahkan minat untuk mempelajari agama—sebagai jalan menuju Tuhan—tumbuh begitu subur dan berkembang. Berbagai buku dan tulisan yang membahas persoalan keagamaan tampak sangat laku di pasaran.

Tetapi sayang, semangat ketuhanan masyarakat ini terkadang sering dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis. Banyak sekali para politisi merebut kekuasaan dengan cara memanfaatkan emosi ketuhanan rakyat Indonesia. Jika Anda ingin menjadi seorang pejabat politik, maka tampillah serelijius mungkin. Anda bisa juga menuduh lawan politik sebagai orang yang tidak relijius, atau bahkan penista ketuhanan. Bisa juga dengan cara memberikan janji-janji berlakunya aturan-aturan yang disukai oleh penganut jalan ketuhanan tertentu. Dengan cara demikian, maka besar kemungkinan Anda akan berhasil menempati kursi kekuasaan.

Jiwa ketuhanan yang begitu kuat itulah yang pada akhirnya tidak memberikan peluang bagi paham-paham tertentu yang anti terhadap ketuhanan. Bahkan, di zaman yang begitu terbuka seperti sekarang ini. Jika pun ada segelintir kelompok atau akademisi ‘nakal’ yang mencoba untuk mengimpor ideologi anti-tuhan (atheis), maka sudah tentu jumlahnya tidak akan berkembang secara baik. Mayoritas rakyat Indonesia akan tetap menjadikan ketuhanan sebagai basis hidup. Walaupun, telah banyak dosa yang dilakukan serta nyawa yang melayang atas nama agama dan ketuhanan.

Begitulah bahwa bangsa Indonesia selamanya akan terus hidup sebagai bangsa yang percaya terhadap ketuhanan dan menjadikan Tuhan sebagai landasan kehidupan. (AL)

SHARE THIS: