AS Tahan 65 Juta Dolar Dari PBB Untuk Pengungsi Palestina
Posted by Lestari on 17th January 2018
| 117 views

AktualPress.com – Amerika Serikat telah menahan sejumlah uang puluhan juta dolar di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk layanan kepada para pengungsi Palestina.

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump telah menahan 65 juta dolar dari dana pinjaman 125 juta dolar yang direncanakan untuk PBB dan Badan Pengungsi Palestina (UNRWA) pada hari Selasa, dua minggu setelah Presiden AS Donald Trump memperingatkan untuk memotong dana di masa depan jika orang-orang Palestina menolak untuk negosiasi dengan Israel.

Departemen Luar Negeri (AS) mengklaim bahwa keputusan tersebut tidak diambil untuk menekan para pemimpin Palestina dan bertindak sebagai seruan kepada negara lain untuk melangkah maju dan berbuat lebih banyak untuk membantu pengungsi Palestina.

“Ini tidak ditujukan untuk menghukum siapa pun,” ucap juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert, kepada wartawan. Departemen tersebut juga mengirim surat kepada UNRWA agar melakukan perombakan dan reformasi besar sebagai syarat keluarnya dana.

Sebelumnya, UNRWA telah mengumumkan pemecatan paksa terhadap lebih dari 100 karyawan di Yordania karena penolakan AS untuk mengizinkan pengalihan bantuan keuangan ke lembaga tersebut.

Wasel Abu Youssef, seorang pejabat senior Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), segera mengecam langkah tersebut sebagai usaha AS yang disengaja untuk menolak hak Palestina.

Hubungan antara AS dan Palestina juga telah ternoda selama beberapa pekan terakhir sejak Washington mengakui Yerusalem al-Quds sebagai ibukota Israel dan berjanji untuk memindahkan kedutaan AS di Israel dari Tel Aviv ke kota yang diduduki tersebut.

Seluruh Yerusalem al-Quds saat ini berada di bawah kendali Israel, sementara rezim tersebut juga mengklaim bagian timur kota itu, yang menjadi tuan rumah situs Muslim tersuci ketiga. (AL/Press TV)

SHARE THIS: