Utang Luar Negeri Indonesia Diperkirakan Terus Meningkat
Posted by redaksi2 on 17th January 2018
| 223 views
Sumber: republika.co.id

AktualPress.com— Ekonom INDEF, Bhima Yudhistira memproyeksikan utang luar negeri (ULN) Indonesia akan terus meningkat pada 2018. Naiknya ULN Indonesia pada tahun ini karena adanya pendanaan awal tahun ini.

“Tren ini diprediksi akan terus berlanjut. Faktor kenaikan ULN pemerintah karena adanya kebutuhan pendanaan awal tahun 2018 atau prefunding dengan penerbitan surat utang baru. Tercatat pada 14 November 2017 pemerintah menerbitkan Rp 38,9 triliun surat utang baru,” kata Bhima, Selasa (16/1).

Berdasarkan catatan Bank Indonesia, ULN Indonesia  pada akhir November 2017 naik 9,1 persen atau 347,3 miliar dolar AS. Hal itu karena adanya penarikan utang swasta yang naik 4,2 persen atau sebesar 170,6 miliar dolar AS dan sektor publik yang naik naik 14,3 persen (yoy) atau 176,6 miliar dolar AS.

Menurut Bhima, untuk mengurangi ULN Indonesia, pemerintah harus melakukan debt swap atau pengurangan utang dengan program pembangunan. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan  memperkuat fundamental perekonomian dan meningkatkan penerimaan pajak agar kemampuan bayar utang pemerintah meningkat.

“Karena tahun ini tidak ada tax amnesty agak berat juga penerimaan pajaknya. Soal kemampuan bayar utang dengan ruang fiskal yang makin sempit cara satu-satunya adalah pangkas belanja atau tambah utang baru,” ujarnya. (Sihab/republika.co.id)

SHARE THIS: