Tanda-Tanda Penuaan Dini Ini Sering Diabaikan
Posted by Lestari on 8th February 2018
| 93 views

AktualPress.com – Ketika usia sudah mencapai di atas 25 tahun, tanda-tanda penuaan dini pun sudah seringkali muncul, namun tidak banyak wanita yang tahu, sehingga mereka seringkali abai. Dampaknya adalah, penuaan dini semakin terlihat jelas di wajahnya. Jika mereka menyadari tanda-tanda penuaan dini, mereka akan dengan cepat mengatasinya sejak dini.

Seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastin di dalam kulit akan rusak, sehingga penuaan dini pun kian tampak dalam wajah. Perlu perawatan dini untuk mengembalikan efektifitas kolagen dan elastin. Di bawah ini, ada beberapa tanda penuaan dini yang sering diabaikan:

Kulit kering

Tanda penuaan dini pertama adalah kulit yang menjadi kering. Ketika usia wanita memasuki usia 25 tahun, kulit pun akan mengering. Hal ini disebabkan karena kelenjar minyak semakin tidak berfungsi secara baik, sehingga kulit pun menjadi kering.

Kulit kusam

Tanda penuaan dini kedua adalah kulit yang menjadi kusam dan tidak bercahaya lagi. Seiring bertambahnya usia, kilau kulit yang salah satunya disebabkan karena kelenjar minyak semakin hilang, sehingga kulit tampak kusam dan tidak berkilau lagi secara alami.

Kerutan di sudut mata

Tanda penuaan dini lainnya adalah adanya kerutan di sudut mata. Kerutan tersebut lama kelamaan akan semakin tampak jelas. Dianjurkan untuk memakai krim mata atau alat yang dapat menghilangkan kerutan tersebut. Ini disebabkan karena elastisitas kulit semakin menghilang karena bertambahnya usia.

Garis-garis halus

Tanda penuaan lainnya adalah adanya garis-garis halus yang menyelimuti kulit wajah. Garis-garis halus ini mulai muncul pada usia setelah 30 tahun. Hal ini disebabkan karena kolagen dan elastisitas kulit menurun dan bahkan semakin menghilang. Jika tidak segera diatasi, garis-garis ini akan makin tampak jelas.

Keriput

Tanda penuaan lainnya adalah muncul keriput di seluruh bagian kulit wajah. Biasanya mulai muncul pada usia 25 tahun. Ada banyak penyebab keriput pada kulit lebih cepat muncul, yaitu akibat sinar matahari dan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minuman keras, dan lainnya.

Bintik hitam

Tanda selanjutnya adalah munculnya bintik-bintik hitam pada wajah. Bintik-bintik hitam ini akan semakin menonjol di usia 30-an.

Jika sudah mengetahui beberapa tanda penuaan dini di atas, inilah saatnya mengatasi tanda-tanda tersebut jika sudah menyerang wajah. Jangan sekali-kali mengabaikannya. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: