Masyarakat Indonesia Lebih Suka Menabung Ketimbang Investasi
Posted by redaksi2 on 12th February 2018
| 71 views
Sumber: liputan6.com

AktualPress.com— Hasil riset dari lembaga riset pemasaran, Inside ID menunjukan, masyarakat Indonesia lebih tertarik untuk menabungkan uangnya dibandingkan untuk berinvestasi.

“Orang Indonesia masih lebih memilih untuk bermain aman dengan menempatkan uang mereka ke tabungan yang resikonya cenderung kecil, ketimbang berinvestasi,” kata Managing Director Inside ID Andres Christian, Minggu (11/2).

Inside ID menyebutkan, rata-rata responden mengalokasikan 13 persen pendapatannya untuk tabungan dan investasi. Dari alokasi untuk tabungan dan investasi tersebut, responden menyisihkan 79 persen ke pundi tabungan, sementara 21 persen lainnya digunakan untuk berinvestasi.

Walaupun begitu, Andres mengungkapkan, orang Indonesia sekarang sudah lebih teredukasi soal investasi. Tercatat bahwa angka rata-rata peminat investasi telah meningkat 0,25 persen dari angka rata-rata tahun lalu. Saa ini, sekitar 40 persen responden memiliki investasi.

Selain itu, rata-rata peminat tabungan dan deposito pada tahun lalu juga mengalami peningkatan sekitar 0,18.

Andres menyampaikan, emas masih menjadi instrumen investasi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sedangkan investasi saham memiliki peminat yang paling rendah.

Di samping itu, dari jenis kelamin, data Inside ID menunjukan bahwa pria lebih cenderung melakukan investasi daripada wanita. Selain itu, kalangan wanita lebih populer dengan emas untuk yang berpendidikan S1 dengan tingkat sosial menengah ke atas. Sedangkan, saham lebih popular ke laki-laki dengan tingkat ekonomi-sosial atas, berlatar pendidikan S1 dan SMA. (Sihab/Republika)

SHARE THIS: