Pertumbuhan Manufaktur Indonesia Tertinggi di ASEAN
Posted by redaksi2 on 12th February 2018
| 25 views
Sumber: merdeka.com

AktualPress.com—Pertumbuhan manufaktur Indonesia tertinggi dibandingkan negara-negara di ASEAN. Tercatat, pertumbuhan manufacturing value added (MVA) Indonesia mencapai 4,84 persen. Sedangkan, di ASEAN berkisar 4,5 persen dan menduduki peringkat ke-9 dunia di tingkat global.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan, Indonesia sudah menjadi basis produksi manufaktur terbesar di ASEAN. Oleh karena itu, manufaktur kini menjadi kunci penting untuk memacu perekonomian nasional karena lebih produktif dan berdampak secara luas.

“Jadi, kita telah menggeser dari commodity based ke manufactured based,” kata Airlangga, Minggu (11/2).

Dia menyampaikan, industri dapat meningkatkan nilai tambah bahan baku dalam negeri, menyerap banyak tenaga kerja, menghasilkan devisa dari ekspor, serta penyumbang terbesar dari pajak dan cukai.

Menurutnya, ekonomi Indonesia berbeda dengan negara ASEAN yang lain karena sekarang Indonesia sudah masuk dalam one trillion dollar club. Untuk itu, pemerintah akan berfokus pada pendekatan rantai pasok industri nasional agar lebih berdaya saing di tingkat domestik, regional, dan global.

“Ekonomi bergeser ke pasifik. Di Jepang manufakturnya sekitar 0,2 persen karena basis produksinya di luar Jepang,” ujarnya.

Airlangga menilai, 80 persen kekuatan ekonomi Indonesia berbasis pasar dalam negeri dan sisanya ekspor, berbeda dengan Singapura atau Vietnam yang hampir keseluruhannya berorientasi ekspor.

“Perbedaannya, kita punya domestic market yang besar. Ini aset penting kita, selain orientasi ekspor juga perlu menjaga potensi domestik,” terangnya. (Sihab/Republika)

SHARE THIS: