Waspadai Jika Seringkali Bersendawa, Berikut 6 Alasan Yang Mungkin Menjadi Penyebabnya
Posted by Aktual Press on 12th February 2018
| 101 views
(kompasiana.com)

AktualPress.com—Beberapa daerah di Indonesia menganggap bahwa sendawa adalah hal yang tidak sopan. Sehingga kamu harus menutup mulut dan meminimalkan suara saat sendawa terjadi.

Jika sendawa yang terjadi hanya sekali, tentu tidak masalah. Namun bagaimana jadinya jika kamu sendawa terus-menerus? Tentu saja hal ini adalah kejadian langka. Dan apa yang jadi penyebabnya? Dilansir dari indiatimes.com, ini dia jawabannya.

Maag
Sendawa yang berlebihan bisa jadi tanda maag. Apalagi jika disertai dengan sensasi terbakar di dada. Konsumsi makanan berlebihan, obesitas, dan seringnya konsumsi makanan pedas jadi penyebab awalnya.

Gejala kanker
Sendawa berlebihan juga bisa menjadi gejala awal kanker kerongkongan. Paparan asam kronis di kerongkongan ini bisa jadi sebabnya.

IBS
IBS atau Irritable Bowel Syndrome yang mempengaruhi usus besar akan menyebabkan kerusakan di usus. Dan sering sendawa jadi salah satu akibatnya.

Hiatal hernia
Hiatal hernia adalah gangguan yang muncul di perut bagian atas dan melalui diafragma. Kondisi ini juga akan membuatmu terus bersendawa.

Intoleransi terhadap makanan tertentu
Saat tubuhmu tidak bisa menoleransi suatu makanan dan tidak tercerna dengan baik, maka sendawa ini akan selalu muncul.

Kontaminasi bakteri
Pertumbuhan bakteri yang berlangsung di usus halus akan membuatmu mudah sendawa. Sebabnya, kondisi ini akan mempengaruhi duodenum (bagian usus halus yang berada tepat di bawah perut) yang pada gilirannya menyebabkan sendawa konstan.

Selain kondisi tersebut, sendawa tak berujung juga dipengaruhi kondisi psikologis yang kemudian berujung dengan kondisi saluran cernamu.

(Zainab/merdeka.com)

SHARE THIS: