Musim Panen, Harga Rata-rata Gabah Nasional Masih Tinggi
Posted by redaksi2 on 20th February 2018
| 65 views
Sumber: katadata.co.id

AktualPress.com— Harga rata-rata nasional gabah kering di tingkat produsen masih cukup tinggi meskipun di sejumlah daerah produsen beras sudah memasuki masa panen. Saat ini, harga rata-rata gabah mencapai 4.500 per kilogram.

“Kalau beras yang kualitasnya sesuai harapan memang masih relatif mahal,” ujar Ketua persatuan pengusaha penggilingan padi dan pengusaha beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso, Selasa (20/2).

Sutarto menyebutkan, harga gabah saat ini bergantung pada masing-masing lokasi. Akan tetapi, harga gabah tertinggi ada di Jawa Barat, yaitu berkisar Rp 5.100 sampai 5.200 per kg.

Sutarto menjelaskan, jika harga di tingkat produsen saja sebesar itu, harga akhir beras di tingkat konsumen bisa mencapai di atas Rp 10 ribu per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dari Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium, yaitu Rp 9.450 per kg.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, meskipun harga beras sudah mulai turun, tapi harga rata-rata beras nasional masih lebih tinggi dari HET.

“Yang kita baca trennya turun, meskipun harga belum seperti pada tahun lalu.” Ujarnya. (Sihab/Republika)

 

 

SHARE THIS: