Cara Tepat Makan Durian menurut Ahli
Posted by Lestari on 22nd February 2018
| 85 views

AktualPress.com – Di musim durian ini, banyak orang ingin menikmati buat berduri yang lezat, lembut, dan mengeluar bau harum tersebut. Banyak orang rela merogoh kocek lumayan banyak demi bisa menikmatinya bersama keluarga di musim durian yang hanya terjadi setahun sekali tersebut. Apalagi bagi orang yang gemar dengan buah durian, ia akan makan durian dengan kadar dan takaran yang sangat banyak hingga ia merasa puas untuk berhenti memakannya, namun tentu cara ini kurang tepat untuk kesehatan kita.

Menurut Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), durian adalah buah yang tinggi energi dan mengandung banyak lemak, alkohol, karbohidrat, dan indeks glikemik, sehingga cara yang tepat untuk mengkonsumsinya sekali makan adalah hanya boleh dikonsumsi sebesar 35 gram atau dua biji saja, tidak diperbolehkan lebih demi kesehatan tubuh.

Durian adalah buah tidak bisa dikonsumsi seenaknya secara bebas. Ada aturan takaran yang dianjurkan oleh para ahli dalam mengkonsumsinya, salah satunya saran dari lembaga PERSAGI di atas.

“Kandungan alkohol pada durian jenisnya ethanol dan methanol yang mudah sekali menguap. Jadi bukan masalah besar sebenarnya. Namun menjadi masalah ketika dikonsumsi secara berlebih. Artinya, dalam jumlah yang sesuai, durian bisa memberikan banyak manfaat,” menurut Rita Ramayulis, salah satu anggota PERSAGI. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: