E-commerce Indonesia Masih Didominasi Barang Impor
Posted by redaksi2 on 22nd February 2018
| 56 views
Sumber: solusibisnis.co.id

AktualPress.com— Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebutkan, bisnis e-commerce di Indonesia masih didominasi produk-produk impor. Perkembangan e-commerce tidak seiring dengan perkembangan industri lokal yang justru menurun.

Staff Khusus Menperin Zakir Machmud mengatakan, barang impor masih mendominasi penjualan di market place. Dia mengungkapkan, 70 persen dari market place merupakan reseller barang impor.

BliBIi, salah-satu market place besar, mengaku, dari 2,5 juta produk yang dijual, hanya sekitar 100 ribu yang merupakan produk dalam negeri.

Untuk itu, Zakit menegaskan, produk lokal harus didorong untuk masuk ke market place.

 “Jadi gimana caranya? Ya didorong dengan literasi. Pemerintah bisa bekerjasama dengan yang sudah ada untuk bikin pelatihan digital marketing, jadi nggak usah bikin baru,” kata dia di Jakarta, Rabu (21/2).

Terkait hal ini, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengundang asosiasi pengusaha e-commerce di Indonesia untuk datang ke kantornya untuk membahas produl lokal di market place.

Enggar meminta agar market place memprioritaskan produk dalam negeri.

“Yang pasti kami akan imbau dulu supaya pengusaha yang besar ini membantu yang kecil.” Ujanya.

Selain itu, dia menyampaikan, pemerintah akan menetapkan besaran persentase tertentu produk-produk lokal yang harus dalam market place.

“Belum ada angka. Kita tidak mau memaksakan sesuatu yang akhirnya tidak workable.” (Sihab/Republika)

 

SHARE THIS: