Menkeu Sebut Kontribusi Ekonomi Digital Masih Kecil
Posted by redaksi2 on 22nd February 2018
| 128 views
Sumber: finansial.bisnis.com

AktualPress.com— Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, kontribusi ekonomi digital terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) masih kecil, yaitu 6 persen. Bahkan, angka tersebut masih di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi digital negara tetangga.

“Produk Domestik Bruto kita yang berhubungan dengan e-commerce dan digital ekonomi nilainya masih sekitar enam persen atau low base,” kata Sri Mulyani, Rabu (21/2).

Meski Demikian, Menkeu menyebutkan, potensi ekonomi digital besar karena pertumbuhanya cukup pesat. Saat ini, populasi pengguna internet menjangkau 51,8 persen atau lebih dari 100 juta orang. Namun, masih terpusat di Pulau Jawa, khususnya Jakarta.

Selain itu, 78 persen pengguna internet tercatat sudah pernah melakukan belanja online.  konsumsi masyarakat di sektor perdagangan elektronik diprediksi mampu menyumbang sebesar  USD35 miliar terhadap PDB.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan membangun infrastruktur untuk menggenjot penyebaran pengguna internet. Dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 2.200 triliun, sebanyak Rp 410 triliun akan dialokasikan untuk infrastruktur.

“Hal itu karena, kita nggakingin 500 juta pengguna internet nantinya hanya fokus di ibu kota, kita buat Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata dia.

Di samping itu, bonus demografi Indonesia menjadi peluang dan kesempatan dalam mengembangkan ekonomi digital tujuh tahun ke depan. Diprediksi Pada 2030 sebanyak 135 juta penduduk Indonesia akan memiliki penghasilan bersih di atas USD3.600 sebagai konsumen digital. (Sihab/Republika/Metrotvnews)

 

SHARE THIS: