Konsumen Indonesia Masih Skeptis Sama Produk Lokal
Posted by redaksi2 on 23rd February 2018
| 42 views
Sumber: inews.id

AktualPress.com— Perkembangan bisnis e-commerce semakin pesat, namun produk-produk yang mendominasinya adalah produk luar. Presentase produk dalam negeri dalam pasar e-commerce masih kecil. Hal ini menunjukan Perkembangan e-commerce tidak seiring dengan perkembangan industri lokal.

Pengamat e-commerce Rama Mamuaya menilai, dominasi produk luar dalam market place disebabkan perilaku pasar Indonesia sendiri yang masih skeptis terhadap produk lokal.

“Menurut saya isu dasarnya adalah behavior market yang masih skeptis sama produk lokal,” kata Rama, Kamis (22/2).

Menurut Rama, ada dua karakteristik market Indonesia, yaitu lebih suka merk luar dan sensitif terhadap harga. Maka dari itu, perkembangan e-commerce yang masih didominasi produk luar menggambarkan perilaku konsumen itu sendiri.

Untuk mendorong produk lokal dalam pasar e-commerce, kata dia, pemerintah harus proaktif dalam membantu produsen, terutama yang UKM lewat insentif, keringanan pajak, pemodalan, dan pengetahuan.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta agar market place yang besar-besar memprioritaskan produk dalam negeri. Selain itu, Enggar juga akan menaikkan porsi produk lokal di e-commerce. Akan tetapi, hal ini akan dilakukan secara bertahap.

“Mengenai berapa persen produk lokal di e-commerce, kita akan buat tahapannya,”  ujar dia. (Sihab/Republika)

 

 

SHARE THIS: