Pertumbuhan Ekonomi 2018 Diprediksi 5,15%
Posted by redaksi2 on 25th February 2018
| 139 views
Sumber: merahputih.com

AktualPress.com— Kepala Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih memprediksi pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,08%-5,15%. Angka ini masih lebih rendah dari target pemerintah dalam APBN 2018, namun di batas bawah perkiraan Bank Indonesia (BI).

Dalam APBN 2018, target pertumbuhan ekonomi pemerintah sebesar 5,4%. Sementara BI memprediksi ekonomi Indonesia tahun ini tumbuh sebesar 5,1%-5,5%.

Lana menilai, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini terkendala konsumsi rumah tangga yang memiliki masalah struktural. Hal ini terlihat dari penjualan ritel yang melambat pada bulan lalu.

Hasil Survei Penjualan Eceran yang dilakukan BI  pada Januari 2018 menunjukan adanya penurunan di semua komponen penjualan ritel, kecuali  Bahan Bakar Minyak (BBM). Meski pemerintah tak menaikkan harga BBM, ketersediaannya belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Walau harga enggak naik, tapi barangnya enggak ada. Ini yang menggerus (daya beli masyarakat),” ujar Lana Sabtu (24/2).

Dalam hal ini, konsumsi masyarakat terhadap barang-barang perlengkapan rumah tangga dan komunikasi akan berkurang karena konsumsi BBM yang meningkat.

Selain itu, masalah struktural daya beli masyarakat juga tampak dari upah minimum provinsi (UMP) riil yang melambat.

Lana menambahkan, nilai tukar petani (NTP) riil tercatat negatif. Pada Januari 2018 NTP nominal mencatat kontraksi dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan inflasi Januari 2018 mencapai 3,25% year on year (YoY).

“Kalau minus dikurangi inflasi 3,25% maka nilai tukar petani riil itu negatif,” tambah dia. (Sihab/Kontan)

SHARE THIS: