Aturan Ganjil Genap di Tol Cikampek-Jakarta Diberlakukan Hari Ini
Posted by redaksi2 on 12th March 2018
| 168 views
Sumber: tirto

AktualPress.com— Pemerintah memberlakukan sistem ganjil genap di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mulai hari Senin (12/3) ini. Kebijakan ini berlaku setiap Senin-Jumat mulai pukul 06.00-09.00 WIB, kecuali hari libur.

“Pergerakan penumpang dan barang saat ini ada perubahan. Mereka lebih pagi keluar dari rumah dan ada percepatan pergerakan hingga terjadi penumpukan pada pukul 05.00-06.00 WIB,” kata Kepala Badan Penyelenggara Transportasi Jabodetabek Bambang Prihantono di Bekasi.

Akan tetapi, penerapan sistem ganjil genap ini masih membuat bingung para pengendara. Untuk itu, Puluhan personel gabungan dari Dinas Perhubungan, PT Jasa Marga, dan kepolisian nampak disiagakan tepat di depan GT Bekasi Barat untuk memilah pelat nomor pengendara. Selain itu, petugas juga telah menyiapkan titik putar yang berjarak sekitar 200 meter menjelang gerbang tol.

Penerapan sistem ganjil genap ini merupakan salah satu dari tiga kebijakan yang dilakukan untuk mencegah kemacetan. di Tol Jakarta-Cikampek.

“Tiga kebijakan ini salah satunya ganjil genap di pintu Tol Bekasi Barat dan Timur arah Jakarta,” kata dia, (12/3).

Adapun kebijakan kedua adalah pembatasan operasional kendaraan angkutan barang golongan III, IV, dan V yang dilarang melintas di ruas tol tersebut untuk kedua arah. Selain itu juga serta pemberlakuan lajur khusus bus di Jalan Tol Jakarta-Cikampek ruas Bekasi Timur- Jakarta yang didukung dengan angkutan alternatif Bus Transjabodetabek Premium.

“Tidak hanya pengguna kendaraan pribadi saja namun juga kendaraan angkutan barang,” ujarnya. (Sihab/republika/tirto)

 

SHARE THIS: