Kenaikan Harga Cabai dan Bawang Karena Cuaca
Posted by redaksi2 on 13th March 2018
| 78 views
Sumber: republika

AktualPress.com— Kepala Satuan Tugas Pangan Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto telah menyelediki penyebab kenaikan harga cabai yang melejit. Setyo mengatakan, tingginya harga cabai disebabkan oleh faktor cuaca.

“Komoditas cabai hanya bertahan tiga hari, kalau cuaca buruk tidak sempat dipanen, rusak. Kalau pasokan kurang, pasti akan terganggu,” kata Setyo di Markas Besar Polri, Jakarta, Selasa (13/3).

Hal itu diketahui setelah satgas melakukan peninjauan ke daerah sentral produksi cabai seperti Magelang, Wonosobo, Temanggung, dan Blitar.

“Kemarin kami cek ke Magelang, daerah sentral produksinya kan Magelang, Wonosobo, Temanggung, Blitar, agak terganggu karena cuaca,” ujarnya.

Setyo menilai, salah satu yang mempengaruhi naiknya harga cabai adalah tingginya curah hujan sehingga cabai mengalami kerusakan karena terendam air. Di kota Brebes, Jawa Tengah, sempat mengalami banjir besar beberapa waktu lalu dan membuat cabai rusak.

Adapun untuk bawang merah yang sempat mengalami penurunan sekarang naik kembali. Kenaikan tersebut juga disebabkan oleh faktor hujan.

Sedangkan, bawang putih mengalami kenaikan dan kelangkaan karena sebagian besar pasokan yang tersedia masih mengandalkan impor.

“Karena kita masih belum memenuhi semua dari dalam negeri,” ucapnya. (Sihab/republika/kompas)

SHARE THIS: