Tentara Israel Tahan 10 Nelayan Gaza Sewenang-wenang
Posted by @Editor on 13th March 2018
| 102 views

Aktualpress.com—Pemerintah Palestina melaporkan bahwa pasukan angkatan laut Israel telah menahan sepuluh nelayan Palestina secara semena-mena di pesisir kota Rafah, Jalur Gaza, pada Senin (12/3/18).

Menurut kantor berita al-Yawm, mengutip Kepala Komite Nelayan di Union of Agricultural Work Committees, Zakaria Bakr, tentara Israel ini  sempat menembakkan senjata ke perahu-perahu para nelayan.

Para tentara ini lalu naik ke perahu-perahu tersebut lalu membawa paksa para nelayan Palestina ke lokasi tak dikenal di kawasan Pelabuhan Ashdod.

Kejadian seperti bukan yang pertama kali terjadi. Pada 25 Februari lalu, pasukan angkatan laut Israel juga menembakkan senjata ke perahu Palestina di Gaza. Satu nelayan ditemukan meninggal dunia, sementara dua lainnya terluka.

Rezim Israel telah menjatuhkan blokade di Jalur Gaza sejak 2007. Blokade ini secara  spesifik melarang warga Palestina menangkap ikan di luar 6 mil laut (11 kilometer) dari garis pantai. Kapal-kapal yang keluar dari batas seringkali diperlakukan oleh tentara Israel sebagai kapal ancaman.

Padahal, para nelayan Gaza merasa zona penangkapan ini terlalu kecil untuk memenuhi permintaan ikan di kawasan berpopulasi 2 juta orang itu.

Sementara, menurut Times of Israel, setengah dari 4.000 warga Gaza yang bekerja sebagai nelayan hidup di bawah garis kemiskinan. (ra/presstv)

SHARE THIS: