Utang Luar Negeri Indonesia Mengkhawatirkan
Posted by redaksi2 on 20th March 2018
| 184 views

AktualPress.com— Wakil Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Hafisz Tohir menilai, rasio pembayaran utang negara terhadap kemampuan pemerintah sudah mengkhawatirkan karena Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia saat ini sudah mencapai 357,5 miliar dolar AS atau tumbuh sebesar 10 persen dibanding tahun lalu.

“Kalau kita bicara APBN (anggaran pendapatan belanja negara ) 2018, biaya yang paling tinggi adalah untuk infrastruktur, yaitu Rp 410 triliun. Tapi jangan salah, pembayaran utang kita lebih tinggi, yakni Rp 520 triliun. Artinya, APBN kita sudah porsinya banyak sekali untuk membayar utang, ini mengkhawatirkan,” kata Hafisz di Jakarta, Senin (19/3).

Menurut Hafisz, pemerintah perlu memperluas pembiayaan terhadap sektor produktif untuk menekan ULN. Jadi, tidak hanya fokus terhadap infrastruktur.

Dia berpendapat, Indonesia memang sudah melakukan pembangunan dari sektor produktif, namun produktifitasnya masih belum tercapai. Sebab, pembangunan itu produktif apabila dapat menambah lapangan kerja, meningkatkan daya beli, dan industri bisa berjalan normal dan baik.

Dia menambahkan, pembangunan dalam bentuk apapun harus bisa menggerakkan sektor riil supaya ekonomi bisa tumbuh di atas lima persen.

Selain itu, pembangunan sektor produktif juga harus dipilah supaya setiap rupiah yang digelontorkan dapat mengentaskan kemiskinan, dan membuka lapangan kerja untuk rakyat. (Sihab/republika)

 

SHARE THIS: