Sampah Plastik Di Samudera Pasifik Sudah Seluas Daratan Indonesia
Posted by Lestari on 27th March 2018
| 153 views

AktualPress.com – Kumpulan sampah plastik di lautan antara Hawaii dan California kini makin meluas sebesar 1,6 juta km persegi, hampir seluas daratan Indonesia sebesar 1,9 juta km persegi. Sampah tersebut semakin banyak 16 kali lipat daripada sebelumnya.

Ketua penelitian yang berhasil diterbitkan di jurnal Scientific Reports, Laurent Lebreton, mengatakan bahwa konsentrasi plastik di lautan pasifik semakin buruk dan mengkhawatirkan.

Sampah-sampah tersebut berasal dari negara-negara di Lingkar Pacific (Pacific Rim), yaitu negara-negara di Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Sampah-sampah plastik tersebut terdiri dari bagian-bagian plastik dan mikro plastik yang diperkirakan seberat 88 ribu. Sampah plastik yang termasuk di dalamnya seperti jaring ikan, aneka mainan plastik, dan bahkan toilet. Hal ini tentu sangat berdampak buruk bagi hewan laut, karena sampah-sampah plastik tersebut mirip ubur-ubur, sehingga disangka makanan oleh kumpulan penyu. Selain penyu, ikan kecil dan plankton pun memakannya. Akibatnya, kandungan hidrokarbon yang dikandung plastik pun masuk ke dalam sistem pencernaan hewan. Hewan bisa mati atau mandul.

Selain hewan, manusia pun sebagai konsumen yang sering menikmati hewan laut seperti ikan ikut merasakan dampak bahayanya, seperti kandungan karsinogenik (penyebab kanker) masuk ke dalam tubuh manusia karena mengonsumsi ikan yang sudah tercemar sampah plastik. (AL/Mongabay)

SHARE THIS: