Kebaikan dan Keburukan di Alam Semesta Ini
Posted by Lestari on 31st March 2018
| 205 views

AktualPress.com – Kebaikan dan kesempurnaan di dunia ini adalah objek-objek dari cinta dan kehendak Tuhan. Dan Tuhan mengharuskan alam ini dibawa ke sebuah eksistensi (wujud) atau diwujudkan atau diadakan dengan tatanan terbaik dan penuh kesempurnaan. Lalu pertanyaannya, ada kejahatan dan keburukan di dunia ini, sumbernya apa? Bukankah lebih baik jika alam semesta ini terbebas dari hal-hal jahat dan buruk? Baik kejahatan dan keburukan yang berasal dari alam ataupun dari manusia.

Agama politeistik meyakini ada dua sumber di alam semesta ini, yaitu sumber kebaikan dan sumber keburukan. Ada lagi kelompok Ateisme yang dimana mereka meyakini bahwa adanya kejahatan dan keburukan pertanda tidak adanya Tuhan (Sang Maha Bijaksana di alam semesta) ini. Dan di sini sebaliknya, para filosof Ilahiah telah membahas khusus persoalan baik dan buruk.

Konsep Baik dan Buruk

Mengenai konsep makna baik dan buruk, kita bisa kaji dari contoh-contohnya langsung. Baik contohnya adalah kesehatan, pengetahuan, keamanan, dan lainnya. sedangkan buruk adalah penyakit, kebodohan, ketidaknyamanan, dan lainnya. kata-kata ini dinilai seperti ini karena manusia sendiri yang menilainya. Yang sesuai dengan naluri mereka adalah kebaikan dan yang tidak sesuai dengan mereka adalah keburukan.

Pertama, hubungan positif antara keduanya dianggap baik. Sedangkan hubungan negatif antara keduanya dianggap buruk. Kedua, hubungan entitas yang sadar dengan keinginannya. Jika setara maka baik dan jika tidak maka buruk. Ketiga, hubungan atau perbandingan kemanfaatan untuk manusia. Manfaat untuk manusia dianggap baik dan tidak manfaat untuk manusia dianggap buruk.

Penerapan konsep baik dan buruk tidak hanya pada esensi dan entitas, tetapi juga dalam kasus tindakan sehingga berhubungan dengan etika dan nilai-nilai. (AL)

SHARE THIS: