Dengan Sampah Plastik, Warga Surabaya Gratis Naik Bus
Posted by Lestari on 9th April 2018
| 249 views

AktualPress.com – Mulai hari Sabtu kemarin (7/4), walikota Surabaya luncurkan Suroboyo Bus berjumlah 8 unit yang akan menaikkan penumpang secara gratis tanpa biaya sedikitpun asalkan membawa sampah plastik.

Peluncuran tersebut diadakan oleh Tri Rismaharini (walikota Surabaya) di depan Gedung Siola Surabaya, Jawa Timur.

“Cukup bawa 3 botol plastik ukuran besar atau 5 botol plastik ukuran tanggung, 10 gelas air mineral, kantong kresek, serta berbagai kemasan plastik,” ucap Risma.

“Dengan sampah plastik, penumpang dapat keliling Surabaya selama dua jam,” lanjutnya.

Sampah-sampah yang dikumpulkan dari para penumpang nanti akan diolah oleh Bank Sampah sehingga bernilai untuk lingkungan. Ini adalah wujud kepedulian pemerintah Surabaya untuk menanggulangi sampah plastik yang tidak bisa hancur selama ratusan tahun.

Memang sampah plastik yang kian menumpuk adalah persoalan besar yang harus segera ditangani, dan pemerintah Surabaya sudah berusaha keras untuk ikut serta mencarikan solusinya. Solusi ini mungkin bisa diikuti oleh pemerintah-pemerintah di daerah lain agar sampah plastik yang tersebut di seluruh Indonesia dapat berkurang sedikit demi sedikit setiap tahunnya.

Bus tersebut memiliki jumlah kursi untuk penumpang sebesar 41 kursi dan 26 area untuk berdiri. Total penumpang bus seluruhnya adalah 67 orang. Bus tersebut pula dilengkapi dengan pintu masuk yang cocok untuk para disabilitas. (AL/Mongabay)

SHARE THIS: