Krisis Ekologi Planet Bumi Telah Capai Fase Katastropik
Posted by Lestari on 9th April 2018
| 29 views

AktualPress.com – Planet Bumi yang kita tempati ini telah mengalami sebuah fase katastropik yang sangat membahayakan jika terus dibiarkan. Deklarasi sebuah dialog global di Bumi, bernama Piagam Bumi, telah berteriak mengingatkan seluruh umat manusia untuk segera bertindak, tidak hanya dalam tataran praktis, tetapi juga teoritis untuk menyadarkan seluruh umat manusia seluruhnya dari ujung utara hingga ujung selatan dunia.

Di bagian pendahuluan, Piagam Bumi mendeklarasikan bahwa kita sekarang berada pada saat yang kritis dalam sejarah bumi, saat umat manusia harus memilih masa depannya. Ketika dunia makin saling tergantung dan rapuh, masa depan  menawarkan sekaligus janji dan resiko yang besar. Untuk melangkah maju, kita harus mengakui bahwa di tengah-tengah keanekaragaman budaya dan bentuk kehidupan, kita adalah satu keluarga umat manusia dan satu komunitas Bumi dengan sebuah takdir bersama. Kita harus senantiasa bekerjasama, mengembangkan sebuah masyarakat global yang berkelanjutan yang menghargai alam, hak asasi manusia universal, keadilan ekonomi serta budaya damai. Untuk mencapai tujuan tersebut, penting sekali bahwa kita, penghuni Bumi, mendeklarasikan tanggung jawab kita terhadap sesama penghuni lainnya, terhadap komunitas kehidupan yang lebih luas, dan terhadap generasi mendatang.

Salah satu bentuk dari krisis ekologi ini telah lama menyerang, namun umat manusia banyak yang tidak menyadarinya. Atau secara diam mereka sadar, namun tidak melakukan apa-apa. Krisis ini telah menjadi krisis global Bumi yang paling akut hari ini, yang mengancam peradaban dan kemanusiaan seluruhnya. Sebagian wujud krisis yang sudah kita ketahui adalah polusi industri atau kimia setelah Perang Dunia II, pencemaran lingkungan, kelangkaan sumber daya, punahnya spesies secara besar-besaran, pemanasan global, perubahan iklim, lelehan es kutub Antartika, dan lainnya. Oleh Timothy Morton, peristiwa-peristiwa yang menjadi sebab dari krisis ekologi disebut sebagai hyperobjects di penghujung dunia. Jika hal ini terus dibiarkan, maka mala petaka akan mengancam peradaban manusia, kiamat akan segera terlaksana, dan bahkan terjadi praktek pemusnahan diri secara total.

Krisis ekologi merupakan permasalahan global yang memerlukan perhatian banyak sarjana. Beberapa sarjana mulai mencemaskan keadaan dunia global yang semakin terancam dengan krisis ini. Mangunjaya pun mengungkapkan bahaya krisis ekologi bagi kelangsungan Bumi tercinta dan peradaban manusia seutuhnya. Buktinya, sungai sudah menjadi tempat pembuangan sampah, limbah industri tercecer dimana-mana, air bersih jarang ditemukan, dan krisis-krisis lainnya. Sedangkan masyarakat hanya sibuk mengejar dunia materi semata. Dan bahkan seorang mantan wakil presiden Amerika Serikat, Al Gore, pernah mendapat nobel perdamaian akibat usahanya mengumandangkan ancaman besar yang melanda lingkungan planet Bumi, yaitu pemanasan global dan perubahan iklim yang berdampak pada masa depan semesta. Sehingga beliau mendesak dunia untuk segera merencanakan dan mengatasi krisis tersebut. (AL)

SHARE THIS: