Demo March of Return Palestina Berlanjut ke Minggu Ketiga
Posted by @Editor on 13th April 2018
| 51 views

Aktualpress.com —Ribuan warga Palestina menggelar demontrasi anti-penjajahan di perbatasan Gaza untuk Jumat ketiga pada hari ini (13/4/18), yang diawali pada 30 Maret lalu.

Menurut laporan AFP, aksi bertajuk March of Return ini kembali diwarnai bentrokan antara warga Palestina tak bersenjata dengan tentara Israel di gerbang yang membatasai Gaza dan kawasan pendudukan Israel.

Pemerintah Israel sebelumnya telah mempersiakan penembak dan tank militer untuk menyerang para demonstran tak bersenjata.

Selama aksi dua minggu sebelumnya, lebih dari 30 warga Palestina tewas di tangan tentara Israel. Salah satu ditembak di dada di kawasan Khuza’a, dan yang lainnya terkena tembakan dari udara.

Pembunuhan warga Palestina sangat disanjung oleh pemerintah Israel. Seperti halnya menteri hubungan militer Israel, Avigdor Lieberman, yang menyatakan bahwa penembak warga Palestina “layak mendapat penghargaan…”

Demo ‘March of Return’ yang akan digelar 6 minggu berturut-turut ini merupakan kampanye rakyat Palestina yang menuntut dikembalikannya tanah mereka yang kini diklaim oleh Israel.

Berdasarkan laporan terakhir, terdapat lebih dari 30 warga Palestina yang tewas dalam aksi ini.

Israel tak segan-segan melakukan kejahatan dalam bentuk apapun terhadap rakyat Palestina. Perang, blokade total, pengusiran paksa, pembangunan distrik di wilayah-wilayah permukiman penduduk Palestina, melarang pengiriman bantuan kemanusiaan, memusnahkan rumah sakit dan fasilitas pendidikan, menutup mata atas hak-hak warga dan menerapkan diskriminasi terhadap rakyat Palestina di wilayah pendudukan, merupakan sebagian kejahatan nyata yang dipraktikkan rezim Israel. (ra/presstv)

 

SHARE THIS: