Pemerintah Perluas Jaringan Penjualan Beras Medium
Posted by redaksi2 on 16th April 2018
| 36 views
Sumber: medcom

AktualPress.com— Kementerian Perdagangan (Kemendag) berencana memperluas jaringan penjualan beras medium yang sesuai dengan ketentuan harga eceran tertinggi (HET). Untuk pelaksanaannya,  Kemendag akan melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, salah satu skema yang akan digunakan adalah dengan memasok beras medium ke warung-warung atau toko yang mejadi binaan BUMN.

“Jadi memperluas jaringan, BUMN dilibatkan, tetapi penjualannya dengan HET Rp9.450 per kilogram,” kata Enggar, Jumat (13/4).

Enggar menjelaskan, pelibatan BUMN dalam langkah tersebut bisa membuat beras kualitas medium dijual tidak melebihi HET yang sudah ditetapkan. Pemerintah pun sanggup untuk memasok stok melalui Perum Bulog jika pasokan berkurang.

“Di bawah HET boleh, naik tidak boleh. Jika daerah itu punya stok dengan harga HET silakan jalan dan kita dukung. Akan tetapi, jika mereka tidak punya, beri tahu kami, Bulog akan suplai,” ujar Enggar.

Dalam hal ini, pemerintah telah menetapkan HET untuk beras medium. Untuk wilayah wilayah Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi, HET beras medium sebesar  Rp 9.450 per kilogram (kg). Untuk wilayah Sumatera, tidak termasuk Lampung dan Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan sebesar Rp 9.950 per kg. Sementara untuk wilayah Maluku termasuk Maluku Utara dan Papua, HET beras kualitas medium sebesar Rp10.250 per kg. (Sihab/antaranews)

SHARE THIS: