Rating Utang Naik Pertanda Ekonomi Indonesia Dipercaya Dunia
Posted by redaksi2 on 16th April 2018
| 42 views
Sumber: detik

AktualPress.com— Moody’s Investor Service (Moody’s) meningkatkan  sovereign credit rating (SCR) Indonesia dari Baa3/Outlook Positif menjadi Baa2/Outlook Stabil pada 13 April 2018. Hal ini dinilai Bank Indonesia (BI) sebagai tanda bahwa dunia mempercayai kualitas ekonomi Indonesia.

“Ini menunjukkan kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia. Dan saya menekankan bahwa ini adalah momentum yang harus dimanfaatkan oleh dunia usaha,” kata Kepala Departemen Pengembangan Pendalaman Pasar Keuangan BI Nanang Hendarsyah dii Gedung BI, Jakarta, Jumat (13/4).

Nanang mengatakan, dunia usaha harus memanfaatkan momentum ini. Sebab, peningkatan rating utang ini terjadi saat situasi global masih menjadi tantangan bagi perekonomian nasional.

Dia menilai, saat ini  instrumen pasar keuangan Indonesia sudah lebih kokoh saat terjadi gejolak ketidakpastian global. Untuk itu, kata dia, dunia usaha harus memanfaatkannya secara lebih luas.

“Karena kebijakan makro baik fiskal maupun moneternya makin prudent, kemudian dari sisifinancial buffer Indonesia makin kuat, tercermin dari cadangan devisa yang tinggi terakhir US$ 126 miliar. Itu menunjukkan financial buffer Indonesia semakin kuat dan itu akan menyerap berbagai risiko yang ditimbulkan berbagai risiko global,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai, naiknya peringkat utang tersebut merupakan bukti kebijakan ekonomi di Indonesia semakin baik.

“Ini suatu konfirmasi bahwa pemerintah selama ini terus berupaya, terus memperbaiki kebijakan agar kredibel dan efektif untuk membangun perekonomian Indonesia, menciptakan pertumbuhan ekonomi, menciptakan kesempatan kerja, dan mengurangi kemiskinan dan kesenjangan,”  tuturnya. (Sihab/detik)

SHARE THIS: