Toilet Training Untuk Atasi Kebiasaan Ngompol Anak
Posted by Lestari on 3rd May 2018
| 98 views

AktualPress.com – Bagi seorang ibu yang memiliki anak balita, memang bukan hal yang asing lagi jika mencium bau air seni anaknya ketika tidur. Kebiasaan ngompol di kasur merupakan masalah yang sering dialami balita, namun sebenarnya hal ini bukan suatu kebiasaan yang wajar karena bisa dilatih untuk dihilangkan meskipun usia anak masih kecil.

Latihan untuk menghilangkan kebiasaan ngompol pada anak balita disebut dengan toilet training. Toilet training sangat penting diajarkan oleh ibu-ibu kepada anak-anak balitanya jika ingin kebiasaan ngompol anak hilang sedikit demi sedikit. Dan anak pun bisa belajar mandiri sejak kecil.

Toilet training merupakan proses melatih anak dari mengompol atau buang air kecil di popok menjadi buang air kecil di toilet. Dalam toilet training, ada 3 hal yang harus diajarkan sebelumnya kepada anak, yaitu:

Pertama, ajarkan kata khusus yang menyatakan keinginannya untuk buang air kecil seperti kata “pipis” dan “kencing”.

Kedua, ajarkan anak untuk bisa merasakan sekaligus membedakan popok yang basah dan kering.

Ketiga, ajarkan anak untuk mau duduk di kursi toilet.

Setelah anak menguasai tiga hal di atas, barulah kita sebagai orang tua mengajarkan toilet training kepada sang buah hati. Cara mengajarkannya adalah dengan cara:

1.Sediakan banyak waktu di rumah bersama anak selama proses toilet training.

2.Berikan contoh kepada si kecil mengenai tindakan apa saja yang dilakukan ketika di toilet.

3.Ciptakan rutinitas, misalnya ajak si kecil pergi ke toilet setiap dua jam sekali.

4.Hindari penggunaan popok sepanjang hari.

5.berikan hadiah kepada anak jika ia berhasil tidak ngompol dan pipis di toilet.

Yang perlu kita ingat ketika mengajarkan toilet training adalah jangan sampai kita memaksa dan memberi hukuman kepada anak untuk duduk di toilet. Hal ini akan justru membuat takut dan trauma, sehingga ia justru tidak mau ke toilet. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: