Bom Surabaya Tak Pengaruhi Aktivitas Perdagangan Tanah Air
Posted by redaksi2 on 15th May 2018
| 20 views
Sumber: finansial

AktualPress.com— Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan peledakan bom yang terjadi di Surabaya tidak berdampak pada sektor perdagangan secara langsung.

“Belum, itu tidak akan langsung (dampaknya). Saya sendiri tidak melihat ada dampaknya saat ini,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan di Jakarta, Senin (14/5).

Oke berpendapat, teror bom tersebut tidak akan berimbas pada aktivitas ekonomi dan perdagangan, melainkan pada hal-hal yang berkaitan dengan sosial dan masyarakat.

Dia menilai, tidak ada ketakutan dari pengusaha luar untuk mengimpor barangnya ke Indonesia. Menurutnya, para pelaku usaha terutama dari pihak asing masih menaruh kepercayaan pada sektor perdagangan Indonesia.

“Ketidaknyamanan pelaku usaha kalaupun berdampak itu bukan sekarang. Saya lihat, itu (bom Surabaya) pengaruhnya bukan di tataran perdagangan,” ucapnya.

Selain itu, dia menyampaikan, pemerintah bersama Kapolri telah berkoordinasi untuk memastikan objek-objek vital negara dalam kondisi aman.

“Kita juga sudah lakukan pengamanan bagi kapal impor. Untuk objek vital, secara bersama-sama juga kita telah awasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengatakan, aktivitas ekonomi termasuk investasi tidak akan terganggu akibat aksi teror tersebut dan masih tetap terbuka luas.

“Prospek investasi tetap terbuka luas karena dukungan perbaikan birokrasi dan pembangunan infrastruktur yang digalakan pemerintah,” ujar Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani. (Sihab/liputan6/republika)

SHARE THIS: