Berbagai Negara Dunia Gelar Demo Solidaritas Palestina
Posted by @Editor on 16th May 2018
| 17 views

Aktualpress.com–Pasca peristiwa berdarah di Gaza yang menewaskan sedikitnya 60 warga Palestina, berbagai negara di seluruh dunia melakukan protes untuk menunjukkan kemarahan kepada rezim Israel.

Athens, Yunani.

Sejumlah demostran Yunani berkumpul di depan kedubes AS dan Israel di Athens pada Selasa (15/5/18) dan menyatakan solidaritas mereka kepada rakyat Palestina pada Hari Nakba.

Para demonstran menaiki mobil polisi anti huru hara dan mengibarkan bendera Palestina. Mereka meneriakkan slogan seperti ‘Bebaskan Palestin!’. Sekelompok orang juga terlihat membakar bendera Israel.

Brussels, Belgium.

Di hari yang sama, sejumlah warga Belgia menggelar aksi protes di luar stasiun kereta pusat Brussels.

Aksi tersebut sempat menegang ketika seorang yang diduga pendukung Israel melewati kumpulan para demonstran. Akibatnya, polisi pun dikerahkan untuk mencegah keributan.

Aksi ini digelar oleh berbagai organisasi perdamaian Belgia yang bekerjasama dengan komunitas Palestina.

 

Diyarbakir, Turki.

Sebuah patung Presiden Trump dihancurkan dan diinjak-injak oleh demonstran pro-Palestina di Diyarbakir, Turki, pada Selasa.

Mereka memprotes relokasi kedubes AS untuk Israel, dan juga genosida yang terjadi terhadap warga Palestina di perbatasan Gaz-Israel.

Pemerintah Turki telah menarik dubesnya di Israel secara sementara dalam rangka protes.

Dalam upacara pembukaan kedubes AS baru di Yerusalem, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membunuh setidaknya 55 warga Palestina dan melukai 2.700 lainnya di perbatasan Gaza-Israel pada Senin (14/5/18). Korban luka-luka termasuk 74 anak-anak dan 23 perempuan.

Iran mengecam keras serangan Israel yang menggugurkan 52 orang Palestina tersebut dan memandang hari itu sebagai “hari aib besar” bagi Israel, sementara Juru Bicara Gedung Putih malah menyebut Hamas bertanggungjawab atas tragedi ini.

Mesir juga menyatakan kecamannya terhadap Israel dengan menyatakan bahwa Kairo menolak penggunaan kekerasan terhadap aksi damai warga Palestina di Gaza.

Sedangkan Turki melalui Presiden Recep Tayyip Erdogan mengutuk Israel dengan menyebutnya melakukan aksi “teror” dan “genosida”. Selain itu, Turki juga memanggil dubesnya di Tel Aviv dan Washington.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan hari berkabung atas tragedi ini dan menegaskan kembali  penolakannya terhadap mediasi AS dalam upaya perdamaian Palestina-Israel. (ra/ Ruptly)

 

 

SHARE THIS: