Menko Darmin: Pemerintah Harus Bisa Dorong Ekspor
Posted by redaksi2 on 17th May 2018
| 56 views
Sumber: dialeksis

AktualPress.com— Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah harus mampu mendorong peningkatan ekspor agar laju kenaikan impor Indonesia bisa diimbangi.

“Pemerintah harus bisa mendorong ekspor untuk mengimbangi kenaikan impor. Kalau tidak, itu dampaknya bisa tidak terlalu baik terhadap neraca pembayaran,” kata Darmin di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (15/5).

Darmin menyampaikan, neraca perdagangan Indonesia pada April 2018 mengalami defisit sebesar 1,63 miliar dolar AS. Menurutnya, peningkatan drastis impor Indonesia tersebut akibat pertumbuhan investasi.

Dia menjelaskan, penyelesaian sejumlah proyek infrastruktur dan peningkatan investasi membuat impor terus mengalami kenaikan. Sebab, banyak barang yang belum bisa dihasilkan di dalam negeri.

Untuk itu, pemerintah tengah berusaha untuk mendorong ekspor dengan memberikan insentif investasi seperti tax holiday dan tax allowance. Meksipun dapat berpengaruh pada kondisi Neraca Pembayaran Indonesia (NPI), tapi impor tetap tidak bisa ditekan.

“Investasinya naik, pembangunan infrastruktur realisasinya makin banyak, mau tidak mau impor naik. Karena kita tidak menghasilkan sejumlah barang yang kita perlukan. Oleh karena itu, bukan impornya yang harus ditekan. Ekspornya yang harus didorong lagi,” kata dia.

Sementara itu, NPI pada kuartal I 2018 mengalami defisit seiring dengan menurunnya surplus transaksi modal dan finansial, yaitu mencapai 3,9 miliar dolar AS. (Sihab/republika)

 

 

 

SHARE THIS: