Nilai Tukar Dolar AS Bergerak Turun Jadi Rp 14.055
Posted by redaksi2 on 17th May 2018
| 45 views
Sumber: cnn

AktualPress.com— Berdasarkan data perdagangan Reuters, Kamis (17/5/2018), dolar Amerika Serikat (AS) bergerak turun pada posisi Rp 14.055. Angka tersebut lebih rendah dari kemarin yang menyentuh posisi Rp 14.105.

Sementara kurs dolar AS terhadap rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta bergerak menguat sebesar 16 poin menjadi Rp 14.070 dibanding posisi sebelumnya Rp 14.086 per dolar AS.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, pemerintah terus berupaya untuk menjaga APBN agar tetap sehat. Hal ini dilakukan agar ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan berkelanjutan.

“Karena APBN yang sehat merupakan salah satu alat untuk menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan, dengan begitu ekonomi akan tumbuh berkelanjutan,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, kebijakan Bank Indonesia untuk menaikan suku bunga acuan ikut mempengaruhi pergerakan mata uang rupiah.

“Antisipasi terhadap kebijakan suku bunga acuan Bank Indonesia turut menjaga laju rupiah,” kata dia.

Meskipun begitu, apresiasi rupiah relatif masih terbatas karena sentimen yang beredar, terutama prospek kenaikan suku bunga AS masih cukup kuat. Ekonomi AS yang mengalami perbaikan dapat membuat dolar AS kembali terapresiasi.  (Sihab/republika/detik)

SHARE THIS: