Setelah Dua Minggu Lalu Meletus, Gunung Kilauea di Hawaii Meletus Lagi
Posted by Lestari on 17th May 2018
| 317 views

AktualPress.com – Lava di gunung api Kilauea di Hawaii telah meletus. Tanah sekitar retak-retak hingga sampai ke perumahan dan lahan pertanian warga. Dua jalan raya yang dijadikan rute keluar pesisir pun terancam retak dan rusak.

Gunung tersebut mengeluarkan lava pada hari Rabu (16/5) kemarin. Satu aliran lava melaju jauh hingga satu mil menuju Jalan Raya pesisir 137, menurut laporan dari petugas Pertahanan Sipil Hawaii.

Tidak ada korban yang luka serius dan kematian yang dilaporkan akibat lava letusan tersebut. Sebelum letusan, gunung tersebut mengeluarkan tembakan seukuran oven microwave, kemudian memuntahkan gumpalan abu besar dan melemparkan batu-batu kecil sejauh bermil-mil (km), menurut Survei Geologi AS.

Letusan tersebut hampir terlihat seabad lalu. Ini menjadi ancaman besar sejak Kilauea meletus hampir dua minggu yang lalu. Gunung api Kilauea adalah gunung berapi paling aktif di dunia, sehingga sering meletus dalam hitungan mingguan saja.

Abu menjadi bahaya baru bagi Pulau Hawaii. Abu yang sudah bergulat dengan gas vulkanik dan lahar tersebut telah menghancurkan 37 rumah dan bangunan lain, sehingga mengharuskan sekitar 2.000 warga di daerah Puna tenggara dievakuasi ke tempat yang lebih aman. (AL/Press TV)

SHARE THIS: