Haus Saat Puasa? Lakukan Tips Ini!
Posted by Lestari on 19th May 2018
| 107 views

AktualPress.com – Memang wajar jika orang yang sedang berpuasa merasa lapar dan haus, namun jika perasaan lapar dan haus itu berintensitas tinggi, ini yang harus kita atasi, agar puasa kita bisa berjalan lancar hingga waktu buka puasa tiba.

Dibanding rasa lapar, rasa haus seringkali lebih menyiksa karena kerongkongan dan mulut terasa amat kering, apalagi ketika siang hari hingga sore hari. Rasa haus yang berlebihan ketika puasa diakibatkan oleh kurangnya asupan air di dalam tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi. Lakukan beberapa tips di bawah ini agar rasa haus ketika sedang berpuasa berkurang, atau bahkan tidak terasa sama sekali.

Pertama, tetap penuhi kebutuhan air dalam tubuh setiap harinya, yaitu sekitar delapan gelas per hari. Karena sedang berpuasa, kita bisa membagi delapan gelas tersebut ke dalam dua sesi, yaitu empat gelas di sesi sahur dan empat di sesi buka puasa. Atau kita bisa membaginya sesuai keinginan kita, yang terpenting tetap terpenuhi delapan gelas per hari.

Kedua, hindari makanan yang panas dan pedas ketika sahur karena akan menimbulkan efek haus secara berlebihan.

Ketiga, hindari makanan yang mengandung garam tinggi karena bisa mempercepat rasa haus, seperti ikan asin.

Keempat, ketika sahur dan buka puasa, konsumsilah buah dan sayur meskipun sedikit. Buah dan sayur akan ikut serta mensuplai kebutuhan air dalam tubuh kita. Kandungan vitamin yang ada di dalamnya pun sangat bermanfaat untuk tubuh.

Kelima, ketika makan, jangan langsung mengkonsumsi air banyak terlebih dahulu, tetapi konsumsilah sedikit demi sedikit air sembari makan makanan utama.

Keenam, perlu diingat bahwa mengkonsumsi es ketika waktu berbuka puasa akan menyebabkan kontraksi pencernaan meningkat, sehingga akan mengganggu pencernaan. Usahakan untuk minum air dalam kadar dingin yang normal, sehingga sistem pencernaan kita pun tetap baik selama bulan puasa ini. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: