Kementan Tetap Serap Gabah Petani Saat Libur Panjang
Posted by redaksi2 on 11th June 2018
| 35 views
Sumber: metrotvnews

AktualPress.com— Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Bulog dan TNI tetap giat melakukan serap gabah (sergab) di tingkat Petani saat libur panjang cuti bersama Idul Fitri 1439 Hijriyah.

“Walapun libur, kami tetap melakukan serap gabah petani karena penting untuk mengisi dan memperkuat cadangan beras pemerintah,” kata Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Mulyadi Hendiawan, di Sragen, Sabtu (9/6).

Mulyadi menyebutkan, gabah yang terserap sampai 8 Juni 2018 sudah mencapai 9.600 ton atau 109,58 persen dari yang ditargetkan Januari sampai Juni 2018 sebesar 8.760 ton. Sedangkan target serapan harian sebesar 292 ton.

Menurutnya, panen padi di Kabupaten Sragen Jawa Tengah masih berlimpah. Untuk itu, penyerapan gabah petani harus terus dilakukan.

“Karena panen masih melimpah, Bulog harus terus menyerap gabah petani agar harga stabil dan tidak jatuh. Kemudian diolah menjadi beras dan dijadikan sebagai cadangan beras pemerintah,” tuturnya.

Saat ini, luas lahan sawah yang sedang panen musim tanam II (MT II) mencapai 311 hektare dengan produktivitas 6-7 ton GKP per hektare. (Sihab/republika)

SHARE THIS: