Indonesia Siap Ekspor Bawang Merah
Posted by redaksi2 on 12th June 2018
| 49 views

AktualPress.com— Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertaniaan (Kementan), Suwandi mengatakan Indonesia siap melakukan ekspor bawang merah ke Thailand pada Juli-Agustus 2018.

“Kini sedang mempersiapkan ekspor ke Thailand pada Juli-Agustus nanti,” kata Suwandi, dalam keterangan tertulis, Selasa (12/6).

Ekspor tersebut dilakukan seiring musim panen raya pada Juni sampai Agustus di Brebes sebagai sentra bawang merah berkontribusi 21 persen dari produksi nasional. Untuk itu, kebutuhan bawang merah selama bulan tersebut akan terpenuhi.

“Ini kita pantau pertanaman di Brebes dan kini masuk panen raya bulan Juni hingga Agustus. Hasilnya mampu memasok kebutuhan kota-kota besar bahkan sampai luar Jawa,” ujarnya.

Suwandi mengatakan, proses budidaya dan tata kelola bawang merah terus diperbaiki dan ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan penggunaan benih dari umbi yang unggul dan pengenalan proses budidaya ramah lingkungan.

Dilaporkan setiap tahun penanam bawang merah di Brebes mencapai 30 ribu sampai 35 ribu hektare dengan produksi 300 ribu sampai 350 ribu ton. Pada bulan ini, panen raya seluas 3.324 hektare dan Juli nanti panen 4.607 hektare.

“Panen raya Juni dengan produktivitas 10 ton per hektare menghasilkan 33 ribu ton dan Juli sebanyak 46 ribu ton. Juni-Juli nanti rata-rata sehari mampu memasok 1.295 ton, untuk melayani keseluruh wilayah Indonesia. Sebagai contoh DKI Jakarta hanya membutuhkan 90 hingga 100 ton per hari,” ujar Kepala Subdinas Pertanian dan ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Sodikin. (Sihab/liputan6)

 

SHARE THIS: