Menko Darmin Prediksi Inflasi Juni 2018 0,25 Persen
Posted by redaksi2 on 12th June 2018
| 48 views
Sumber: cnn

AktualPress.com— Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memprediksi inflasi Juni 2018 berada di level 0,22 persen sampai 0,25 persen month to month (mtm).

Darmin menyampaikan, harga bahan pangan masih stabil. Adapun yang mengalami sedikit kenaikan adalah telur, namun tidak banyak berpengaruh.

“Harga-harga oke, beras oke, daging oke. Paling yang sedikit naik harga telur tapi telur kan nggak banyak amat pengaruhnya,” kata Darmin, Senin (11/6).

Meski demikian, yang harus diwaspadai adalah kenaikan harga pesawat. Sebab, jika harga tiket pesawat tidak naik tinggi menjelang lebaran, kebijakan tarif yang fleksibel setiap saat bisa membuat dampak inflasi dari transportasi udara tidak terduga.

“Kalau tiket angkutan darat tidak mudah didorong naik tapi kalau tiket pesawat naiknya bisa nambah satu rate ke mana, tiketnya berubah,” tuturnya.

Berdasarkan data BPS, kenaikan harga transportasi kepada inflasi selalu naik menjelang lebaran. Pada Juni tahun lalu,  inflasi transportasi tercatat 1,27 secara bulanan atau 5,8 secara tahunan.

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi Juni sebesar 0,23 persen mtm atau 2,75 persen year on year (yoy). Hal ini karena kenaikan harga yang mempengaruhi inflasi. (Sihab/cnn/republika)

SHARE THIS: