Ekonom: Inflasi Juni Sebesar 0,3 Persen
Posted by redaksi2 on 13th June 2018
| 21 views
Sumber: medcom

AktualPress.com— Ekonom Bank Permata Josua memprediksi inflasi pada Juni 2018 sebesar 0,3 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari perkiraan Bank Indonesia (BI) sebesar 0,23 persen mtm atau 2,75 persen year on year (yoy).

Josua mengatakan, inflasi pada Juni kali ini masih di level yang aman karena harga kebutuhan pokok yang relative stabil. Menurutnya hal ini tak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan BI dalam mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok.

“Inflasi volatile food kita masih cenderung manageable lebaran tahun ini, pemantauan dari web harga di beberapa pasar tradisional masih cukup stabil,” ujar dia di Jakarta, Rabu (13/6).

Dia menilai, faktor pendorong inflasi bulan ini adalah tarif transportasi udara yang terus naik menjelang lebaran.

Menurutnya, infalsi inti saat ini masih terpantau flat atau bahkan cenderung agak rendah. Meski begitu, dia berharap tingkat inflasi masih dalam kisaran BI.

“Jadi tahun ini sekitar 0,3 persen (m-to-m) dan (y-oy) di bawah tiga persen dengann pengendalian inflasi yang cukup manageable yang dilakukan BI dan pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memprediksi inflasi Juni 2018 berada di level 0,22 persen sampai 0,25 persen month to month (mtm).

Dalam hal ini, Darmin juga mengatakan inflasi kali ini masih dalam level aman karena harga bahan pangan masih stabil.

“Harga-harga oke, beras oke, daging oke,” ucapnya. (Sihab/metrotvnews/republika)

SHARE THIS: