Harga Tiket Pesawat Pengaruhi Inflasi Juni 2018
Posted by redaksi2 on 13th June 2018
| 45 views
Sumber: republika

AktualPress.com— Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan harga tiket pesawat yang tinggi pada periode mudik lebaran kali ini bisa mempengaruhi inflasi pada Juni 2018.

“Kalau angkutan darat harganya sudah tidak bisa begitu (naik),” kata Darmin di Jakarta, Senin (11/6).

Darmin memprediksi inflasi Juni 2018 berada di level 0,22 persen sampai 0,25 persen month to month (mtm). Jika harga tiket stabil, maka inflasi diperkirakan berada di bawah 0,25 persen.

“Kalau tiket pesawat itu bisa naik. Kalau harga tiket angkutan darat tidak ada lonjakan maka inflasi kita bulan Juni akan 0,2 persen-0,25 persen,” ujar dia.

Dalam hal ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan akan menindak tegas maskapai penerbangan yang menjual tiket dengan harga melebihi tarif batas atas yang telah ditentukan. Tindakan tersebut berupa peringatan hingga penutupan rute.

Budi menjelaskan, sebenarnya tidak ada maskapai yang secara langsung menaikkan harga tiket penerbangan di atas tarif batas, melainkan para vendor atau agen paket wisata yang menjual dengan tambahan biaya tertentu.

“Oleh karenanya kita akan klarifikasi uang itu diambil oleh maskapai atau tidak. Kalau diambil oleh maskapai kita akan menutup rute mereka,” jelasnya.

Meski demikian, inflasi Juni 2018 dianggap masih relatif rendah. Sebab, harga bahan pangan pada Ramadan kali ini masih stabil. Sedangkan yang sedikit mengalami kenaikan adalah telur ayam walaupun tidak begitu signifikan.

“Ya memang antara 0,2 persen-0,25 persen. Karena harga-harga oke, beras oke, daging oke. Yang mungkin sedikit harganya naik itu telur. Tapi Telur kan tidak banyak pengaruh,” tuturnya.  (Sihab/tempo/liputan6)

 

 

SHARE THIS: