Resep Praktis Pendamping Ketupat Lebaran
Posted by Lestari on 14th June 2018
| 19 views

AktualPress.com – Usai menjalankan puasa penuh di bulan Ramadhan, saatnya umat muslim di seluruh dunia merayakan lebaran atau hari raya idul fitri yang jatuh pada esok hari, yaitu tanggal 15 Juni 2018.

Selain tradisi silaturahmi ke seluruh  anggota keluarga dan tradisi maaf-memaafkan, terdapat tradisi kuliner yang khas dan harus ada dalam menu makan lebaran, yaitu ketupat dan kuah opor ayam dilengkapi semur daging.

Menjelang hari raya, orang-orang berbondong-bondong untuk membuat menu spesial tersebut untuk dinikmati bersama keluarga. Di bawah ini terdapat resep praktis membuat opor ayam dan semur daging untuk disajikan bersama ketupat lebaran kita di rumah.

Resep Opor Ayam

Bahan-bahan: ayam, bawang putih, ketumbar, sereh, lengkuas, 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, santan, air, minyak goreng, garam, lada, dan gula secukupnya.

Cara membuat: tumbuk bawang putih bersama ketumbar, sereh, dan lengkuas kemudian tumis menggunakan minyak goreng. Lalu masukkan daging ayam. Tambahkan air, daun jeruk, dan daun salam. Kemudian masukkan santan dan masak sampai daging ayam empuk. Terkahir, masukkan garam, lada, dan gula sesuai selera. Opor ayam pun siap disajikan.

Resep Semur Daging

Bahan-bahan: daging sapi, bawang putih, lengkuas, bawang merah, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, gula merah, cengkeh, biji pala, kecap manis, kentang.

Cara membuat: haluskan bawang putih, lengkuas, bawang merah, kemudian tumis sampai harum. Lalu tambahkan daun salam dan daun jeruk, masukkan daging sapi dan kentang. Lalu masukkan air, gula merah, cengkeh, dan biji pala. Lalu masukkan kecap manis dan kentang agar lebih berwarna. Terakhir, tambahkan bawang oreng agar aromanya lebih nikmat. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: