4 Barang Ini Bisa Ledakkan Kulkas Anda
Posted by Lestari on 16th June 2018
| 65 views

AktualPress.com – Kulkas menjadi perabotan penting di dalam rumah karena bisa dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan atau membuat makanan menjadi lebih tahan lama serta membuat minuman menjadi lebih segar dan dingin.

Di dalam bagian kulkas, terdapat freezer yang memiliki kadar suhu paling rendah sehingga bisa membekukan makanan atau minuman. Namun tidak semua makanan atau minuman bisa dimasukkan ke freezer, karena dapat meledakkan kulkas jika senyawa yang terkandung di dalam makanan dapat mengembang dan akhirnya meledak. Berikut ini terdapat beberapa makanan atau minuman yang dapat meledakkan kulkas, antara lain:

Pertama, minuman bersoda. Minuman bersoda adalah minuman berkarbonasi yang dapat meledak jika diletakkan di tempat yang bersuhu rendah, karena senyawa soda dapat mengembang dan memberikan tekanan yang tinggi pada kaleng. Jika kaleng tidak bisa menahan tekanan, akibatnya kaleng akan meledak.

Kedua, minuman beralkohol. Minuman beralkohol sama dengan minuman bersoda, bahkan akan berdampak lebih parah lagi, yaitu bisa meledakkan kulkas secara keseluruhan. Alkohol yang disimpan dalam freezer dalam keadaan tertutup akan menekan kaleng dan terus menerus mengembang, sehingga menimbulkan ledakkan.

Ketiga, es kering. Es kering atau dry ice jika dimasukkan ke dalam freezer akan mengalami sublimasi (perubahan bentuk dari padat menjadi gas). Gas tersebut pun akan menimbulkan ledakkan yang dapat membahayakan kulkas anda.

Keempat, benda tajam. Benda tajam dapat membahayakan kulkas dan bahkan dapat meledakkan jika digunakan untuk mengambil atau mencongkel di bagian freezer. Seringkali orang menggunakan benda tajam untuk membersihkan bunga es yang menumpuk di freezer. Hal ini dapat merusak pipa gas isobutana yang dapat menyebabkan kulkas meledak. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: