Hari Ini, Kurs Rupiah Masih di Angka Rp 14 Ribu per Dolar AS
Posted by redaksi2 on 22nd June 2018
| 51 views

AktualPress.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Jumat (22/6) masih berada di posisi Rp 14 ribu per dolar AS. Melemahnya kurs rupiah ini dipengaruhi oleh sentimen dari luar.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka di angka 14.100 per dolar AS. Kemudian, rupiah bergerak di kisaran 14.090 per dolar AS hingga 14.108 per dolar AS hingga siang hari ini.

Sedangkan menurut data Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah dipatok di angka 14.102 per dolar AS, bergerak melemah dibandingkan perdagangan kemarin di angka 14.090 per dolar AS.

Menurut Research Analyst FXTM Lukman Otunuga, sejumlah mata uang pasar berkembang terpukul oleh apresiasi Dolar AS begitu tajam pasca komentar hawkish dari Ketua Dewan Gubernur Federal Reserve Jerome Powell yang mendukung ekspektasi kenaikan suku bunga AS tahun ini.

“Karena faktor penggerak di balik depresiasi rupiah adalah faktor eksternal, mata uang Indonesia dapat semakin tergelincir di jangka pendek hingga menengah,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai, pelemahan rupiah yang terjadi sejak Kamis (21/6) merupakan dampak dari kenaikan suku bunga acuan The Fed atau Fed Fund Rate (FFR).

Selain itu, kata Darmin, melemahnya kurs rupiah juga dipengaruhi faktor libur panjang Lebaran.

“Bahwa dia (dolar) naik satu persen bahwa ya memang agak lebih ditambah karena kita liburnya banyak. Orang enggak tahu ini bagaimana. Ya orang hantam saja di hari pertama kerja,” jelasnya.

Dalam hal ini, dia meminta kepada masyarakat agar tidak terlalu khawatir dengan kondisi tersebut. Dia pun optimis kurs rupiah akan segera membaik.

“Karena kan bunga di sananya bergerak. Jangan terlalu dirisaukan, lusa juga berubah lagi” ujar dia. (Sihab/liputan6)

 

SHARE THIS: