Pasca Libur Lebaran, Dolar Kembali Menguat di Level Rp 14 Ribu
Posted by redaksi2 on 22nd June 2018
| 25 views
Sumber: liputan6

AktualPress.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali menyentuh angka Rp 14 ribu setelah libur Lebaran.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Kamis (21/6) rupiah dibuka melemah 158 ke posisi 14.090 per dolar AS dari penutupan perdagangan satu hari sebelumnya. Kemudian, upiah bergerak di kisaran 14.010-14.099 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan data Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah berada di posisi 14.090 per dolar AS. Sebelumnya, rupiah berada di kisaran 13.902 per dolar AS.

Menurut Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede, pelemahan rupiah terjadi karena faktor eksternal. Pelaku pasar masih merespons negatif kenaikan suku bunga the Federal Reserve pada pertengahan Juni.

Dia menyampaikan, the Federal Reserve juga masih optimistis terhadap proyeksi ekonomi AS sehingga mendorong penguatan indeks dolar Amerika Serikat terhadap mata uang negara berkembang termasuk rupiah.

“Rupiah tertekan hari ini dipengaruhi faktor eksternal. Dolar AS menguat terhadap sebagian mata uang negara berkembang mulai dari Peso Filipina, Rupee, dan rupiah. Namun pelemahan rupiah tidak terlalu besar,” kata dia, Kamis (21/6).

Meski demikian, kata dia, volatilitas rupiah masih stabil karena langkah dari Bank Indonesia yang menaikkan suku bunga 0,25 persen.

Selain itu, pelemahan rupiah juga dipengaruhi ketegangan yang terjadi antara China dan AS terkait sektor perdagangan. Akan tetapi, pertemuan Pimpinan Korea Utara Kim Jong un dan Presiden AS Donald Trump dapat mengurangi ketegangan geopolitik. (Sihab/liputan6)

SHARE THIS: