Demo Great Return March, Puluhan Warga Palestina Terluka
Posted by @Editor on 23rd June 2018
| 99 views
Khaled Omar/ Global Look Press

Aktualpress.com—Puluhan demonstran Palestina terluka oleh tentara Israel dalam aksi demo Great Return March lanjutan di perbatasan Gaza.

Menurut informasi dari Kementerian Kesehatan Palestina, demo pada Jumat (22/6/18) itu mengakibatkan 206 kasus luka-luka dan masalah pernapasan. 44 kasus luka-luka diakibatkan oleh tembakan dari tentara Israel.

Menurut laporan dari Middle East Eye, tentara Israel menembakkan gas air mata dan peluru dalam jumlah banyak, sementara para demonstran Palestina membakar ban-ban untuk menghalangi pandangan para penembak Israel.

Aksi demo kali ini diberi tajuk “Friday of the Wounded,” di mana warga Palestina membawa balon-balon yang ditempeli nama dan wajah demonstran yang meninggal dunia dalam aksi Great Return March yang berlangsung sejak 85 hari yang lalu.

Menurut Red Cross, total terdapat 120 orang yang terbunuh dan lebih dari 13.000 terluka sepanjang rangkaian demo Great Return March.

Pada awal bulan ini, budan HAM Human Rights Watch menyatakan bahwa kematian warga Palestina oleh tentara Israel dapat disebut sebagai kejahatan perang. Mereka pun menuntut pejabat militer Israel agar bertanggungjawab atas tragedi ini.

Sejak Mei 1948 hingga kini, tercatat sekitar 760.000 warga Palestina, dan hampir 5 juta keturunan mereka terusir dari tempat tinggal mereka.

Pengusiran inilah yang diprotes oleh warga Palestina melalui demo Great March of Return yang dimulai sejak 30 Maret tahun ini. Sayangnya, lebih dari 12o demonstran ini  dibunuh oleh tentara Israel selama aksi protes.

Israel tak segan-segan melakukan kejahatan dalam bentuk apapun terhadap rakyat Palestina. Perang, blokade total, pengusiran paksa, pembangunan distrik di wilayah-wilayah permukiman penduduk Palestina, melarang pengiriman bantuan kemanusiaan, memusnahkan rumah sakit dan fasilitas pendidikan, menutup mata atas hak-hak warga dan menerapkan diskriminasi terhadap rakyat Palestina di wilayah pendudukan, merupakan sebagian kejahatan nyata yang dipraktikkan rezim Israel.  (ra/rt)

SHARE THIS: