Manfaatkan Limbah Sedotan Plastik Untuk Membuat Bunga yang Cantik
Posted by Lestari on 4th July 2018
| 78 views

AktualPress.com – Meskipun bentuknya kecil, namun limbah sedotan plastik sulit untuk diurai. Akibatnya, limbah sedotan kian bertumpuk, sehingga harus ada upaya kreatif dari masyarakat untuk memanfaatkan limbahnya, misalnya: kreatifitas membuat bunga untuk hiasan meja atau dinding di rumah.

Dengan sedotan plastik, kita bisa membuat aneka jenis bunga, seperti: bunga anggrek, matahari, sakura, melati, dan lainnya.

Di bawah ini akan ditampilkan cara untuk membuat bunga dari limbah sedotan plastik:

Kreasi sedotan bunga anggrek:

Bahan-bahan: sedotan pink, sedotan putih, sedotan kuning, dan gunting.

Cara membuat 1: gunting sedotan pink menjadi 3 bagian sama panjang, gunting sedotan putih menjadi 4 bagian sama panjang, dan gunting sedotan kuning, pink, serta putih sesuai pola. Kemudian serut semua lembaran sedotan yang sudah digunting. Susunlah putik menggunakan sedotan kuning, kelopak putih, lalu kelopak pink.

Cara membuat 2: gunting sedotan menjadi 4 bagian sama panjang, sejajarkan bagian-bagian sedotan, siapkan benang yang sudah diikat memakai jarum, rangkai sedotan dengan benang di bagian tengah, kencangkan hingga berbentuk lingkaran atau bunga, lalu simpul mati. Kemudian pada setiap ujung sedotan, gunting secara diagonal, ulangi langkah dari awal sampai akhir sebanyak 5 kali, lalu tumpuk rangkaian menjadi satu, dan terakhir tambahkan kertas warna coklat pada bagian tengahnya.

Kreasi sedotan bunga mawar:

Bahan-bahan: sedotan pink, putih, merah, lem, gunting.

Cara membuat: gunting vertikal ujung sedotan sepanjang 4 cm, potong ke samping secara diagonal, bagian bawahnya digunting kecil, bagian atas yang telah digunting tadi kemudian digulung menjadi tangkai, kemudian bagian yang tidak tergunting tadi, digulung mengelilingi tangkai, gulung sampai rapi, setelah sedotan habis digulung, lem bagian akhirnya. Ulangi sampai terbuat buket bunga mawar. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: