Pemerintah Bentuk Satgas Atasi Defisit Neraca Perdagangan
Posted by redaksi2 on 6th July 2018
| 74 views

AktualPress.com— Indonesia masih mengalami defisit neraca perdangangan yang besar, yaitu 2,83 miliar dolar AS. Untuk mengatasi ini, pemerintah akan membentuk satuan tugas (satgas).

“Kita sedang mengumpulkan semua informasi dan pemikiran nanti berikutnya kita akan bentuk task force untuk merumuskan lebih persis apa saja yang perlu dilakukan di bidang ekspor dan impor,” kata Menko Darmin di Jakarta, Jumat (6/7).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca dagang Indonesia dari Januari hingga Mei 2018 mengalami defisit 2,83 miliar dolar AS. Dalam kurun waktu tersebut, Indonesia defisit sebanyak empat kali. Adapun surplus tercatat hanya satu kali, yaitu pada Maret 2018.

Darmin terus berupaya untuk mengatasi defisit neraca perdagangan ini. Dia mengatakan, neraca perdagangan juga ikut menyumbang tekanan terhadap pelemahan rupiah.

Dalam hal ini, dia telah mengadakan rapat dengan melibatkan Menteri Pariwisata dan Menteri Perindustrian untuk mempercepat kenaikan eskpor.

“Nanti kita akan ada rapat lagi mungkin lebih luas. Tadi fokus ke industri dan pariwisata, mungkin pekan depan dengan pertanian dan ESDM,” ujarnya.

Selain mendorong ekspor, pemerintah juga terus berupaya untuk memperlambat impor. (Sihab/republika)

SHARE THIS: