AS Kumpulkan Tes DNA Anak-Anak Imigran, Buat Apa?
Posted by @Editor on 8th July 2018
| 61 views
(AP Photo/David J. Phillip)

Aktualpress.com —Amerika Serikat dan Inggris dilaporkan melakukan tes DNA kepada anak-anak imigran yang masuk ke negara mereka secara ilegal, seperti dikutip dari CNN dan the Independent.

Menurut laporan tersebut, Departemen Layanan Kesehatan (HHS) pada Kamis (5/7/18) mengaku akan menggunakan tes DNA sebagai metode “tercepat” dan dapat diandalkan untuk mempertemukan anak-anak imigran dan orangtua mereka.

“Keselamatan dan keamanan adalah yang terpenting. Tidak jarang anak-anak diperdagangkan atau diselundupkan oleh orang yang mengaku sebagai orang tua mereka,” kata seorang pejabat  federal kepada CNN.

Meskipun begitu, pejabat tersebut tidak menyebutkan berapa lama tes DNA tersebut telah berjalan, apakah tes itu membutuhkan persetujuan, atau apakah sampel-sampel hasil tes itu disimpan dalam sebuah database.

Petinggi HHS, Alex Azar, mengatakan kepada wartawan bahwa kini ada sekitar 3.000 anak imigran yang dipisahkan dengan orangtua mereka.

Tes DNA semacam ini kepada imigran ilegal telah menciptakan kekhawatiran dari berbagai kelompok advokasi imigrasi.

Direktur komunikasi badan non-profit yang menyediakan pelayanan hukum gratis kepada imigran dan pengungsi, RAICES,  Jennifer K. Falcon, menyebut langkah ini tercela. Sebabnya, dengan mengumpulkan data sensitif seperti itu akan memudahkan pemerintah AS dan Inggris untuk mengawasi anak-anak imigran “sepanjang hidup mereka.”

Menurut data dari Departemen Keamanan Dalam Negeri, terdapat hampir 2.000 anak-anak imigran yang dipisahkan dari keluarga mereka dalam jangka waktu 6 minggu dari April sampai Mei.

Kantor urusan HAM PBB baru-baru ini meminta agar AS mengakhiri kriminalisasi dan pelanggaran hak para imigran yang memasuki AS tanpa izin tersebut. Washington diharapkan mengambil kebijakan yang lebih longgar terhadap mereka.  (ra/mintpress)

 

SHARE THIS: