Senin Depan, Jokowi Gelar Rapat Bahas Ancaman Perang Dagang AS
Posted by redaksi2 on 8th July 2018
| 19 views
Sumber: nasionalpos

AktualPress.com— Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar rapat bersama para menterinya untuk membahas ancaman perang dagang Amerika Serikat (AS) pada Senin depan.

“Saya kira nanti Senin kita bicara secara khusus mengenai hal itu,” kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Jumat (6/7).

Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mulai memberikan peringatan kepada Indonesia karena jumlah ekspor ke AS lebih tinggi dari jumlah eskpor AS ke Indonesia.

“Dia (Trump) sudah kasih kita warning bahwa ekspor kita lebih banyak pada dia dan kita harus bicara pada dia mengenai beberapa aturan-aturan di mana dia memiliki special tariff placement yang dia mau cabut. Itu terutama di bidang tekstil dan lain-lain,” ujar dia, Kamis (5/7).

Dalam hal ini, Donald Trump akan mengenakan tarif bea masuk terhadap 124 produk asal Indonesia meskipun termasuk negara  yang mendapat fasilitas keringanan bea masuk dari negara maju untuk produk-produk ekspor negara berkembang.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan, ada kesalahan penghitungan dari pihak AS terkait defisit dalam hubungan perdagangan AS-Indonesia. Untuk itu, Enggar mengaku telah mengirim surat kepada pemerintah AS.

“Yang GSP-nya, kita termasuk dalam daftar negara yang memiliki surplus yang besar. Tapi kami juga sudah kirim surat dan kita sudah menyampaikan mengenai yang pasti ada perbedaan angka dulu, bagaimana menghitungnya, jumlah defisit mereka dengan surplus kita berbeda angkanya,” ungkapnya. (Sihab/kompas/merdeka)

 

 

 

SHARE THIS: