Puluhan Ribu Pelinting Rokok Masih Mengaggur
Posted by redaksi2 on 9th July 2018
| 25 views
Sumber: liputan6

AktualPress.com— Puluhan Ribu pelinting rokok masih belum mendapatkan pekerjaan baru setelah diberhentikan karena tutupnya pabrik pengolahan tembakau.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Rokok, Tembakau, Makanan dan Minuman (FSP RTMM), Sudarto mengatakan, pendidikan dan keterampilan para pelinting rokok itu terbatas sehingga akan sulit jika beralih ke pekerjaan baru ataupun bekerja di sektor lain.

“Negara perlu hadir untuk mereka,” kata Sudarto, Sabtu (7/7).

Sudarto menyebutkan, sedikitnya 3.100 pabrik tutup dan 32.000 pekerja terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam rentang 2006-2016. Hampir seluruh pabrik yang ditutup adalah pabrik sigaret kretek tangan (SKT).  Maka dari itu, sebagian besar dari pekerja yang diPHK tersebut adalah pelinting rokok.

Belum lagi, ada sejumlah pabrik yang tidak tergabung dalam asosiasi dan masuk dalam data FSP RTMM sehingga jumlah pekerja yang diberhentikan diperkirakan bisa lebih besar.

Menurut dia, untuk mengatasi hal ini, pemerintah perlu melihat sampai ke akar masalahnya, yaitu semakin berkurangnya pabrik SKT. Apalagi sejumlah kebijakan pemerintah tidak ramah terhadap SKT. Dalam hal ini, pemerintah mendorong penurunan konsumsi rokok SKT.

Dia menilai, pemerintah harus mempertimbangkan nasib pekerja SKT dan mencari solusi terbaik terhadap masalah ini.

“Mereka juga warga negara Indonesia dan pemerintah harus hadir untuk mereka,” ucapnya. (Sihab/liputan6)

 

 

SHARE THIS: